Why are we on Earth?

Pernah terbersit ga sih pertanyaan tentang sebenarnya untuk apa diri kita ini diciptakan dan dihadirkan di dunia?

Pernah bertanya-tanya kenapa sampai saat ini kita masih diberi umur untuk mencicipi dunia Allah SWT?

Pernah mempertanyakan kenapa dengan murah hatinya Allah SWT memberikan kita kemudahan, kecukupan, kebahagiaan serta segala nikmat lain yang tak pernah kita sadari?

Pertanyaan yang sejatinya kita harus ingat dalam keseharian kita: Untuk apa kita ada di bumi, hingga saat ini? Padahal, jika menurut Allah SWT kematian merupakan hal yang terbaik bagi kita, maka detik ini pula, tidak peduli apa yang sedang kita lakukan, Ia bisa saja memisahkan roh dari raga kita dengan mudah.

Mungkin ada hal-hal yang masih harus kita lakukan di dunia ini. Hal-hal yang kecil namun nyatanya bermanfaat bagi orang lain. Hal-hal yang sejatinya hanya diri kita sendiri yang mampu melakukannya dan bukan orang lain, karena sebenarnya setiap orang itu special in their own way. Believe me, we are irreplaceable!

Bukan ingin sok bijaksana melalui tulisan ini, tapi memang pertanyaan ini seringkali muncul dalam pikiran saya dan belakangan ini paling sering membuat saya gelisah. Mungkin ini pertanda Allah SWT untuk menyuruh saya merealisasikan rencana-rencana maupun cita-cita yang saya simpan sejak dahulu, namun tanpa ada action.

“Untuk apa kamu, aku, kita ada di bumi ini?”

Bisa jadi salah satu jawabannya adalah untuk menebar manfaat dan kebaikan. Ingat salah satu hadits Nabi Muhammad SAW ini?

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalamShahihul Jami’ no:3289).

Begitu juga dengan surat Al-Jumuah ayat 10.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (١٠)

Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Jumu’ah: 10)

Allah SWT memerintahkan kita untuk bertebaran di muka bumi untuk mencari karunia, dan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Jadi, untuk mencari karunia Allah SWT sebanyak-banyaknya di muka bumi ini, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menebarkan kebaikan dan manfaat. Mungkin kita tak perlu melakukan hal-hal baik dan bermanfaat yang sulit, besar dan spektakuler di luar kemampuan kita. Mungkin mulai hanya dengan hal-hal kecil semampu kita.

Berhubungan dengan hal ini, malam ini, saya ‘diharuskan’ membongkar kembali dokumen-dokumen yang berhubungan dengan identitas saya, termasuk ijazah sarjana yang saya dapatkan sejak dua tahun lalu. Jujur, sejak menerima ijazah ini, saya belum pernah benar-benar membaca isinya. Sampai akhirnya saya baca detail isi dari sehelai kertas yang untuk mendapatkannya, saya harus berjuang 4,5 tahun ini. Ada sesuatu yang membuat saya terdiam setelah membaca satu kata yang tertulis disana.

image

Lihat kata yang saya garis bawahi? Yup, kewajiban. Saya jadi ingat sebuah quote dari film Spiderman 1, yang kurang lebih bunyinya seperti ini “With great power comes great responsibility” (saya juga sepertinya pernah mendengar quote ini di film The Incredibles).

Diberi kesempatan mencicipi pendidikan tinggi sampai akhirnya bisa menggunakan gelar S.Pd. berarti ada porsi kewajiban tambahan yang saya miliki di dalam hidup ini (tentu seiring dengan hak dan kewenangan yang didapatkan). Berarti saya harus mampu menebarkan manfaat dan kebaikan yang lebih lagi. Insha Alloh secepatnya ^^

Mari bertebaran di muka bumi dan menebarkan manfaat dan kebaikan bersama-sama. Allah SWT is always with us ♥

T

Leave a Reply

