7 X 24 jam telah tanpamu

Ada hawa berbeda di rumah ku malam ini.
Bukan tentang rumahku yang semakin berantakan, karena biasanya pun seperti itu adanya.
Bukan pula tentang Trans studio Bandung sudah mulai dibuka untuk umum di BSM. Jelas bukan tentang itu karena tidak ada korelasinya sama sekali.
Lantas tentang apaaa?

Tentang cinta? Bukan! Saya JOMBLO plisss! *sensitif langsung
Tentang hati? Say NO to GALAU! *belakangan ini saya mulai sedikit kamerkaan dengan kata “GALAU” yang terdengar membabi buta dihari-hari saya. Butuh kosakata lain pliss!
Terus tentang apaaaaaa????

*mulai serius…
Ini tentang almarhumah ibu saya.
Malam ini, Jumat 17 Juni 2011 adalah malam ke-7 tahlilan kepergiannya.
Jujur, entah mengapa, saya belum terlalu merasa kehilangan kemarin-kemarin.
Meskipun, tetep aja rasa rindu menggebu selalu hadir menerpa setiap saya melihat sesuatu yang berhubungan dengan ibu saya.

Seperti di hari selasa kemarin, saat saya memesan nasi rawon sebagai makanan siang saya.
Di akhir makan siang, saya tiba-tiba merindukan ibu saya. Mau tau kenapa?
Rasa rindu itu muncul karena saya melihat sebiji kacang merah dalam mangkok rawon saya.
Masih terekam jelas, saat saya membuatkan sayur kacang merah untuk mamah saat dia masih sakit.
Masih tergambar dengan sempurna, betapa lahapnya mamah makan sayur merah buatan saya itu meskipun rasa-rasanya untuk ukuran sayur kacang merah, sayur buatan saya itu kurang asem, kurang asin, dan kurang manis.
Tapi mamah mau menghargai hasil masak saya. Kini, entah untuk siapa lagi saya masak sayur kacang merah yang banyak kurangnya itu? MISS YOU MOM #1

Malam ini, malam ke-7 mamah tidur dengan tenang di alam abadinya.
Malam ke-7 saya tidak melihat lagi wajahnya.
Malam ke-7 saya tidak mendengar lagi suaranya.
Malam ke-7 saya tidak berbicara dengannya.
Malam ke-7 saya tidak memegang tangannya dan mencium tangannya.
Malam ke-7 saya tidak mendengar doanya untuk saya.
Entah tangan siapa lagi yang akan saya cium ditiap saya berangkat kuliah dan pergi-pergian?
Entah siapa lagi yang akan mendoakan saya ditiap saya mencium tangannya?
Entah siapa lagi orang yang akan selalu mengingatkan saya untuk membawa payung tiap hari?
Entah doa siapa lagi yang akan saya pinta ditiap saya melakukan sesuatu?
Entah siapa lagi yang akan saya ceritai keluhan saya saat saya mulai kurang fit?
Entah siapa lagi yang akan saya tanyai saat saya bingung menggunakan bumbu-bumbu dapur?
Entah siapa lagi orang yang harus saya tuju saat saya pulang ke rumah?
Entah siapa lagi orang yang akan saya tanyai pendapatnya saat saya membeli sesuatu yang baru?
MISS YOU MOM #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9

Saya benar-benar kehilangan dia ya?
Saya benar-benar tidak akan berjumpa dia lagi ya?
Saya benar-benar tidak bisa melihat senyumnya lagi ya?
Lantas siapa yang akan saya undang dengan terhormat dan teristimewa untuk datang di hari wisuda saya nanti?
Siapa yang akan menangis karena akan melepaskan saya di hari pernikahan saya nanti?
Siapa yang akan tersenyum bangga dan bahagia saat saya sukses nanti?
MISS YOU MOM #10 #11 #12 #13 #14 #15

Menurut ajaran agama saya, malam ke-7 merupakan malam terakhir arwah mamah berada di sekitar rumah.
Dan tandanya arwahnya serta fisiknya sudah benar-benar jauh dari rumah ini, rumah yang selama ini menjadi saksi interaksi kami berdua.
Pinta saya malam ini ya Alloh, biarkan saya bertemu dan berbicara kepada mamah untuk terakhir kalinya meskipun hanya lewat mimpi. Biarkan saya mengatakan padanya bahwa saya benar-benar mencintainya.
Entahlah akan sebesar apa gunung rindu saya pada mamah selama saya hidup.
Entah berapa ribu liter tetes air mata yang akan saya jatuhkan saat saya harus dengan tabah dan ikhlas memendam rasa rindu itu.

Mah, temani tidur titi malam ini saja.
Mah, ga ada kata yang pas buat nunjukkin rasa kangen titi sama mamah.
Besok, hari sabtu 18 Juni 2011 jam 06.30 akan jadi 7 X 24 jam mamah ninggalin titi.
Mah, sering-sering jengukin titi lewat mimpi ya mah.

MISS YOU ALWAYS MOM! MISS YOU ALWAYS DAD!
Bapa, mamah, sampein cita-cita dan keinginan titi ke Alloh yaaah biar titi bisa jadi anak mamah dan bapa yang kuat, tegar, dan bisa ngebanggain nama orang tua juga keluarga.
You are the best parent ever!
LOVE YOU LOVE YOU MISS YOU

“Bapa, jagain mamah disana!
Bapa sama mamah yang akur yaah disana!
Pa, mamah udah kangen banget sama bapa makanya nyusul bapa.
Makanya yang baik-baik disana yaaah.”

6 comments on “7 X 24 jam telah tanpamu

  1. hany says:

    bagus she .. πŸ™‚ sabar, tegar, the best buat kmu πŸ˜€
    jgn khwtr mrka dsna pasti bkal bahagia .. πŸ˜€ dn selalu ada bersama kmu she πŸ™‚

  2. _nui says:

    Sitong…
    Masa aku baca ini backsoundnya lagu J-Lo?
    ga matching pan ya?
    heu~

    (>,<)
    bingung mau komen apa…
    *dilempar sendal sama sitong*
    #kabuuuuuur

    • hadianist says:

      enuy, backsongnya linkin park gera kalau ga avenged juga boleh
      apalagi kalau metalica, wuu bakal dapet banget ‘feel’nya hahaha

      gamau ngelempar sendal, aku lempar bata merah ajaa *tukangbangunan pisan hehe

  3. hadianist says:

    iya deh dede haha

Leave a Reply

